Home » » Inilah Tips Memilih Perguruan Tinggi yang Baik

Inilah Tips Memilih Perguruan Tinggi yang Baik

Pendidikan..? satu kata yang maknanya luas. Jika kita pikirkan sejenak apa sih arti pendidikan itu bagi kita? Ada yang bilang pendidikan itu penting untuk masa depan kita , ada yang berkata..sekolah..?untuk apa sekolah toh nanti juga bakalan jadi orang juga :D , ada juga yang berkata , pendidikan itu relatif,mau dia berpendidikan ataupun tidak rezeki mah udah ada yang ngatur. Berbagai macam defenisi dari pendidikan itu sendiri mengakibatkan orang bnyak bertanya-tanya apakah setelah lulus kulia nanti ingin melanjut ke Perguruan Tinggi , langsung bekerja , atau mau langsung kawin aja setelah tamat sekolah..? hehehe...Tapi menurut saya sendiri arti pendidikan itu adalah pahala , bagaimana tidak,pendidikan adalah jalur pertma untuk menuju sukses. Dengan ilmu yang kita dapatkan apalagi kalau kita bisa menerapkan ilmu kita tersebut dalam hidup sehari-hari , Niscahaya pahala akan menghampiri kita dan pastinya ilmu yang kita dapatkan adalah senjata bagi kita untuk berperang di dunia yang akan datang. Jadi persiapkan diri kita,persiapkan diri kita dengan ilmu.Nah,disini saya ingin berbagi tips buat anda khususnya yang baru tamat sekolah SMA/SMK yang masih bingung memilih Perguruan Tinggi . Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Negeri Swasta tidaklah menjadi masalah,perbedaannya hanya sekedar gengsi dan perbedaan di uang kuliahnya aja kok. Intinya kembali lagi pada diri kita sendiri, kalau bener-bener serius menjalaninya Insya Allah jalan kita dimudahkan.
Berikut tips memilih Universitas yang baik dan sesuai dengan keinginan anda

Keinginan diri menjadi hal mutlak

Hal yang sangat penting dalam memilih Universitas adalah sesuai dengan keinginan , minat dan bakal anda. Coba lebih mengenal diri anda siapa? bakat anda apa? dan kelebihan anda apa? Dalam hal ini anda dituntut untuk memilih jurusan yang anda sukai dan pastinya sesuai dngan kempuan anda.Hal ini akan banyak berpengaruh saat anda  duduk di bangku perkuliahan. Perguruan Tinggi sangatlah berbeda dibanding dulu saat anda duduk dibangku sekolah. Dalam hal ini kemandirian lebih diutamakan

Biaya kulia menjadi alasan penting

Menyangkut biaya kuliah , ini yang menjadi alasan utama untuk meneruskan pendidikan ke Perguruan Tinggi.
Carilah Perguruan Tinggi yang biaya-biaya kulianya sesuai dengan kemampuan ekonomi anda. Untuk hal ini saya hanya menerangkan sedikit saja, karena hal ini adalh faktor yang paling penting untuk anda. Biarkan anda saja yang menjabarkannya..:)

Akreditasi Perguruan Tinggi

Akreditas adalah penilaian pemerintah dan lembaga-lembaga pendidikan mengenai reputasi kampus . Baik dari segi internal ataupun eksternal. Akreditasi sangatlah penting dimana Akreditasi menjadi titik ukur perussahaan yang hendak mempekerjakan anda saat anda tamat kulia nanti nanti. Carilah jurusan yang sesuai dengan anda dan pastikan apakah Perguruan Tinggi yang anda inginkan memiliki kurikulum jurusan yang anda ingini . Rajin-rajin cari informasi mengenai kampus-kampus yang memiliki Akreditasi yang di akui.

Prospek Kerja

Banyak Perguruan Tinggi yang menawarkan prospek kerja setelah tamat kulia bisa langsung kerja. Hal ini bisa menjadi bahan pemikiran anda dalam memilih Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta masing-masing mempunyai cara jitu untuk menarik mahasiswa. Tapi menurut saya jangan terlalu menjadi satu pokok acuan. Karena yang menentukan sukses tidaknya anda nanti , adalah diri anda sendiri.
Semua tergantung tekat yang kuat ,berusaha dan jangan lupa berdo'a .

Seperti itulah kira-kira kiat dari saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment